Daftar merek dagang ke Dirjen HAKI

Segera lakukan daftar merek dagang ke Dirjen HAKI. Hal ini penting dan perlu diutamakan mengingat persaingan dalam dunia bisnis dan perdagangan cukup ketat. Jika kalah selangkah saja bisa jadi saat Anda ingin menggunakan merek yang Anda cetuskan Anda harus membayar royalti kepada pihak lain. Kasus seperti ini memang tidak mustahil terjadi dan bahkan kerap terjadi. Kebanyakan pengusaha baru menganggap merek dagang kurang penting, sehingga mereka suka menunda untuk mendaftarkan merek dangangnya.

Daftar merek dagang ke Dirjen HAKI indonesiaz

Akibat tidak sigap merek dagang pun diambil kompetitor lain. Tentu memiliki merek dagang sangat menguntungkan. Anda selaku pemilik merek bisa mendapat royalti dari pihak-pihak yang menggunakan merek Anda. Merek dagang juga akan melindungi Anda dari ulah nakal peniru merek. Negara jelas-jelas sudah memberi fasilitas perlindungan hukum untuk merek dagang Anda, jadi manfaatkanlah peluang ini.

Segera lakukan daftar merek dagang sebelum kompetitor Anda melakukannya. Tindakan pendaftaran merupakan bukti yang sah atas nama hukum untuk merek yang didaftarkan. Pastikan merek Anda juga memiliki sertifikat karena merek tanpa sertifikat tidak bisa mendapat perlindungan oleh undang-undang merek. Dengan mendaftarkan merek lebih dulu Anda juga bisa melakukan penolakan. Penolakan bisa Anda ajukan pada beberapa merek yang didaftarkan oleh pihak lain.

Daftar merek dagang ke Dirjen HAKI

Penolakan Anda bisa disetujui dengan alasan memang terbukti didapati kesamaan mendasar secara menyeluruh dengan merek barang atau jasa yang sudah Anda daftarkan lebih dulu. Merek dagang memang tidak bisa didaftarkan bila tidak memiliki daya pembeda dengan merek lain yang sejenis, sudah menjadi milik umum, dan bertentangan dengan ketertiban umum. Hal ini tentu cukup efektif untuk menghentikan langkah peniru baik dalam produksi ataupun pemasarannya.

Hakikat Merek Dagang
Menurut UU No 15 Tahun 2001, merek diartikan sebagai sebuah tanda baik berupa huruf, kata, nama, angka, gambar, atau kombinasi yang memiliki daya pembeda dan bisa digunakan dalam bisnis dan perdagangan barang atau jasa. Dengan demikian, secara ringkasnya merek adalah sebuah tanda.

Tanda tersebut tentu akan diterima bila memiliki daya pembeda. Memiliki daya pembeda berarti mampu menunjukkan ciri khas khusus sehingga berbeda dengan produk perusahaan lain meskipun barang atau jasa yang diproduksi sejenis. Merek dagang ada beberapa jenis, yakni merek dagang, merek kolektif, dan merek jasa.

Berikan penilaian :
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

ADD A COMMENT

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.